hukum makan dan minum berdiri


Oleh : Asy-Syaikh ibnu ‘Utsaimin rahimahullah
(( فالأفضل في الأكل والشرب أن يكون الإنسان قاعدا ؛ لأن هذا هو هدي النبي – صلى الله عليه وسلم – ، ولا يأكل وهو قائم ولا يشرب وهو قائم . أما الشرب وهو قائم فإنه صح عن النبي – صلى الله عليه وسلم – أنه نهى عن ذلك . وسئل أنس بن مالك عن الأكل قال : ذاك أشر وأخبث ، يعني معناه أنه إذا نهى عن الشرب قائما فالأكل قائما من باب أولي . لكن في حديث ابن عمر الذي أخرجه الترمذي وصححه قال : (( كنا في عهد النبي – صلى الله عليه وسلم – نأكل ونحن نمشي ، ونشرب ونحن قيام )) . فهذا يدل على أن النهي ليس للتحريم ولكنه لترك الأولى ، بمعنى أن الأحسن والأكمل أن يشرب الإنسان وهو قاعد وأن يأكل وهو قاعد ولكن لا بأس أن يشرب وهو قائم وأن يأكل وهو قائم ، والدليل على ذلك حديث عبد الله بن عباس – رضي الله عنهما – قال : (( سقيت النبي – صلى الله عليه وعلى أله وسلم – من زمزم فشرب وهو قائم )) . فالحاصل أن الأكمل والأفضل أن يشرب الإنسان وهو قاعد ويجوز الشرب قائما ، وقد شرب علي بن أبي طالب – رضي الله عنه – قائما ، وقال : (( إن النبي – صلى الله عليه وسلم – فعل كما رأيتموني فعلت )) ، فدل ذلك على أن الشرب قائما لا بأس به ، لكن الأفضل أن يشرب قاعدا . Beliau Rahimahullah menjelaskan; ” Lebih afdhal seseorang untuk makan dan minum dalam keadaan duduk, karena ini petunjuk Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, dan janganlah dia makan dan minum dalam keadaan berdiri. Adapun minum dalam keadaan berdiri telah shahih dari Nabi tentang pelarangannya, ditanyakan kepada sahabat Anas bin Malik Radhiayallahu ‘anhu tentang makan dalam keadaan berdiri maka beliau berkata : “itu lebih buruk lagi”, maknanya yaitu jika minum sambil berdiri dilarang maka makan sambil berdiri lebih utama lagi untuk ditinggalkan. Akan tetapi, dalam hadits ‘Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu yang dikeluarkan oleh Imam At-Tirmidzi dan beliau mensahihkannya, Umar berkata : ” di masa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam kami makan dalam keadaan berjalan dan minum dalam keadaan berdiri”. Maka hadits ini menunjukkan bentuk pelarangan makan dan minum sambil berdiri bukanlah keharaman, akan tetapi meninggalkannya lebih utama. Yaitu seseorang lebih baik dan lebih sempurna untuk makan dan minum sambil duduk, akan tetapi makan dan minum sambil berdiri tidaklah mengapa. Dalil dalam hal ini juga datang dari sahabat Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata : “aku memberi minum Nabi dengan air zamzam dan beliau meminumnya dalam keadaan berdiri.” Alhasil, dari bentuk kesempurnaan dan keutamaan seseorang dalam hal makan dan minum adalah dalam keadaan duduk, akan tetapi boleh untuk dia makan dan minum dalam keadaan berdiri. Adalah Ali bin Abi Tholib Radhiyallahu ‘anhu suatu ketika minum dlm keadaan berdiri dan beliau berkata : “Sesungguhnya Nabi melakukannya sebagaimana engkau melihatku melakukannya” Maka hal ini menunjukkan bolehnya makan dan minum sambil berdiri, akan tetapi YANG AFDHAL UNTUK DIA MAKAN DAN MINUM SAMBIL DUDUK. -selesai nukilan- sumber rujukan : شرح رياض الصالحين من كلام سيد المرسلين لفضيلة الشيخ : محمد بن صالح العثيمين / ج : 2 / ص 606 – 610 )) .. Syarh Riyadhus sholihin syaikh Utsaimin jilid 2 hal. 606 – 610 Fatwa Lajnah Daimah lil Buhuts Al Ilmiah wal Ifta ج: الأصل أن يشرب الإنسان قاعدا وهو الأفضل، وله أن يشرب قائما، وقد فعل النبي – صلى الله عليه وسلم – الأمرين للدلالة على أن الأمر في ذلك واسع. وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم. اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء . عضو : عبد الله بن قعود عضو : عبد الله بن غديان نائب الرئيس : عبد الرزاق عفيفي الرئيس : عبد العزيز بن عبد الله بن باز Hukum asal seseorang minum adalah dalam keadaan duduk, inilah yang afdhal, namun boleh dia minum dalam keadaan berdiri, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam telah melakukan kedua hal tersebut, yang menunjukkan perkara ini luas.

Sumber Artikel: https://salafy.or.id/blog/2014/10/24/hukum-makan-minum-sambil-berdiri/ | Salafy.or.id

Comments

Popular posts from this blog

wahai saudariku, lengan mu adalah aurat

cara makan rasulullah

hukum memakai celana diatas mata kaki